Hal-Hal yang menyebabkan tidak lancarnya ASI

Pelancar ASI alami

Suplemen ibu menyusui mengandung manfaat yang banyak bagi ibu maupun bagi buah hati terutama sebagai pelancar ASI alami, sehingga kerap dianjurkan untuk dikonsumsi.

Suplemen ibu menyusui mengandung manfaat yang banyak bagi ibu maupun bagi buah hati terutama sebagai pelancar ASI alami, sehingga kerap dianjurkan untuk dikonsumsi. Seorang ibu yang sedang menyusui harus selalu menerapkan pola makan yang baik dan teratur, seperti dengan memakan 4 sehat 5 sempurna. Sehingga dengan menerapkan pola hidup dan makan yang teratur, seorang ibu akan selalu dalam kondisi sehat dan dapat memproduksi ASI (Air Susu Ibu) secara bagus dan mencukupi.

Memang benar bahwa air susu ibu akan selalu cukup bagi si buah hati, namun ada beberapa hal tertentu yang dapat menyebabkan seorang ibu tidak dapat memproduksi ASI secara banyak dan mencukupi bagi sibuah hati, seperti apabila ia sedang sakit maupun trauma. Berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kurangnya produksi air susu ibu yang harus Anda hindari untuk dihindari:

  1. Laktasi yang tertunda

Perlu diketahui bahwa seorang ibu yang baru saja melahirkan tidak semua dapat secara langsung dapat menyusui si buah hati, beberapa dari ibu harus menunda atau menunggu beberapa hari sampai air susunya dapat keluar, hal tersebut dapat disebut sebagai laktasi yang tertunda.

Kerap Kali karena air susu ibu tidak secara langsung keluar menyebabkan para ibu menjadi khawatir dan akhirnya mengalami stress. Nah… saat stress inilah lalu akan menghambat keluarnya ASI. Sehingga dianjurkan sekali bagi para ibu yang masih sedikit mengeluarkan ASI harus tetap tenang dan jangan cemas. Konsultasikanlah kepada dokter atau bidan, dan jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi dan sehat, serta banyak-banyaklah mengkonsumsi air putih.

  1. Puting yang berbentuk tidak biasa pada Ibu

Bentuk puting yang tidak biasa dapat menyebabkan sedikitnya keluar ASI, puting pada payudara ini dapat berupa puting yang terbalik, puting yang panjang atau besar, atau puting yang rata. Kondisi seperti di atas memang dapat menyebabkan buah hati akan merasa sulit untuk meletakkan secara sempurna saat menyusu.

  1. Saat menyusui dibarengi dengan susu formula

Perlu diketahui bahwa banyaknya air susu ibu itu tergantung seberapa sering si buah hati menyusu, apabila Anda lebih memilih susu formula maka bayi akan tidak intens mengkonsumsi ASI, sehingga menyebabkan ASI yang keluar menjadi sedikit. Memang beberapa bayi membutuhkan tambahan susu selain ASI atau susu formula, solusinya adalah Anda dapat memompa ASI untuk memperbanyak produksi.

Nah… setelah mengetahui penyebab ASI menjadi sedikit atau bahkan tidak keluar. Dengan begitu Anda dapat mengatasinya dengan cara berkonsultasi kepada dokter atau bidan dan mengkonsumsi suplemen ibu menyusui atau pelancar ASI alami yang aman dan atas resep dokter. Berikut ini adalah beberapa suplemen yang dapat Anda konsumsi saat menyusui.

  • Lactate

Suplemen Lactate kaya akan manfaat, suplemen ini dapat meningkatkan produksi ASI sebagai pelancar ASI yang alami pada ibu menyusui. Anda dapat menemukan Lactate di apotik terdekat.

  • Cavit D3

Cavit D3 adalah suplemen bagi ibu hamil dan menyusui sebagai pelancar ASI yang alami, suplemen Cavit D3 tidak mempunyai efek samping untuk ibu ataupun buah hati, sehingga aman untuk dikonsumsi.

  • Fetavit

Fetavit adalah suplemen yang mempunyai kandungan minyak ikan yang alami, DHA dan bahan-bahan lainnya. Suplemen fetavit sangat bermanfaat bagi pertumbuhan sang buah hati.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *