Apa Saja Jenis Kain Meteran untuk Printing? Ini Dia Jawabannya!

Jenis Kain Meteran untuk Printing

Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan jasa printing kain meteran, jenis kain yang digunakan adalah salah satu pertimbangan penting. Pada dasarnya, kain yang bisa dicetak menggunakan mesin printing adalah kain yang memiliki “print grade”.

Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan jasa printing kain meteran, misalnya untuk suvenir atau tote bag, jenis kain yang digunakan adalah salah satu pertimbangan penting. Pada dasarnya, kain yang bisa dicetak menggunakan mesin printing adalah kain yang memiliki “print grade”. Dan berikut ini adalah daftarnya!

Jenis Kain yang Cocok untuk Printing Meteran

  1. Balotelli

Bahan meteran ini 100% terbuat dari polyester dan memiliki tekstur yang khas. Cocok digunakan untuk pakaian, hijab, atau aksesoris interior yang ringan.

  1. Blackout

Kain ini 100% dibuat dari polyester dan memiliki permukaan yang licin serta halus. Warna yang dicetak di atas permukaan kain meteran ini terlihat doff (tidak mengilap). Ada lapisan hitam di tengah, sehingga tidak menerawang di bawah sinar matahari. Kain blackout cocok untuk tirai, jaket, selimut, dan bahkan kantong/pouch atau cushion.

  1. Chiffon

Ada berbagai macam kain chiffon yang bisa digunakan untuk printing kain meteran, seperti chiffon georgette, diamond, silk doff, dan pleat. Chiffon yang print grade akan tetap terasa lembut saat disentuh bahkan setelah dicetak. Biasanya, kain chiffon digunakan untuk hijab (diamond, silk doff, dan georgette), maupun aksesoris hijab.

  1. Drill

Jenis kain yang satu ini seringnya digunakan untuk cetak seragam, rok, celana, sarung bantal, tote bag, pouch, atau aksesoris pakaian, tergantung pada jenis kain drill dan ketebalannya.

  1. Dry fit (bahan jersey olahraga)

Kain yang satu ini memiliki pori-pori yang bisa menyerap kelembaban atau keringat. Karakteristiknya sendiri agak lentur. Paling banyak digunakan untuk baju olahraga (kaos/baju dan celana). Bahkan, sekarang sudah ada jasa yang memproduksi jilbab khusus untuk olahraga menggunakan kain ini.

  1. Kanvas

Jenis kain yang satu ini bisa dikatakan favorit nomor 1 para konsumen yang memanfaatkan jasa cetak kain, termasuk printing kain meteran. Jenis kanvas sendiri juga beragam, seperti kanvas crafting, kanvas Jepang, kanvas linen, dan baby canvas yang lembut. Masing-masing jenis kain kanvas memiliki keunggulannya masing-masing, sehingga penggunaannya pun bervariasi. Misalnya untuk dekorasi rumah dan kerajinan, perlengkapan bayi (baby canvas), boneka bib (kanvas linen), tirai (kanvas Jepang), dan kantong laptop (kanvas crafting).

Itulah beberapa jenis kain yang umum digunakan dalam printing kain, termasuk yang dipesan secara meteran. Semoga dapat menjadi panduan Anda nantinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *