Ingin Mendapatkan Beasiswa Kuliah Ke Luar Negeri? Ini dia Cara Jitunya

Cara mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri

Beasiswa ke luar negeri– sebuah cita-cita besar bisa melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi. Berkeinginan melanjutkan beasiswa kuliah di luar negeri memiliki nilai tambah tersendiri bagi siswa.

Beasiswa ke luar negeri– sebuah cita-cita besar bisa melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi. Berkeinginan melanjutkan beasiswa kuliah di luar negeri memiliki nilai tambah tersendiri bagi individu masing-masing, ditambah lagi biaya gratis.

Ada beberapa hal positif yang didapat oleh individu masing-masing, diantaranya pengalaman bisa hidup di negara asing, berkesempatan menikmati dan melihat keragamanudaya, baik itu dari negaranya maupun dari masyarakatnya.

Ternyata tidak hanya itu, bahkan yang bekesempatan kuliah di luar negeri memiliki jaringan sosial yang lebih luas, dengan menjalin relasi dengan beberapa negara yang berbeda. Salah satu negara yang menjadi tujuan para mahasiswa yaitu Amerika Serikat, dikarenakan universitas di negara ini menjadi jajaran universitas top di dunia.

Berhubungan dengan beasiswa, Tidak hanya di AS, bahkan di Indonesia juga menawarkan beasiswa kuliah seperti beasiswa DIKTI.

Namun, untuk masuk di perguruan tinggi tersebut, setiap program beasiswa yang ditawarkan memiliki beberapa persyaratan dan beberapa tahapan yang diterapkan setiap universitas.

Persiapan dari Segi Bahasa

Agar bisa lulus di universitas yang diinginkan, anda harus mempersiapan kemampuan bahasa Inggris. Anda bisa melatih diri dengan mengikuti les bahasa inggris. Untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris dilakukan tes TOEFL sebagai standar dan ini berlaku untuk semua universitas yang ada di luar negeri.

Persiapan dari Segi Akademik

Ketika anda ingin masuk ke universitas yang ada di luar negeri, anda akan mengikuti beberapa tes kemampuan akademik, seperti tes SAT dan tes ACT. Untuk itu anda harus melakukan persiapan sedini mungkin. Apa itu tes SAT? Tes ini adalah ujian akademik untuk menentukan apakah anda nantinya layak dapat beasiswa kuliah di universitas tersebut atau tidak. Tes SAT ini seperti tes bidang studi matematika, bahasa inggris. Dan untuk tes ACT yaitu tes untuk bidang studi sains yang mengambil jurusan sains.

Selain itu, nilai rapor juga sangat menentukan layak atau tidaknya anda. Untuk itu anda harus mempunyai prestasi dalam bidang akademik saat masih di SMA atau di S1 maupun di luar akademik juga ikut membantu.

Persiapan untuk Application Essay

Pihak universitas akan memberikan syarat bagi peserta untuk membuat essay beasiswa, dengan tujuan untuk mengenal lebih dekat si pelamar. Untuk itu buat lah essay semenarik mungkin yang menunjukkan sisi tidak biasa.

Letter Of Recommendation

Pastikan anda membuat surat rekomendasi, dari guru di sekolah atau kampus anda. Pastikan guru atau pihak kampus membuat rekomendasi semenarik mungkin agar menarik perhatian pihak kampus luar negeri yang dituju.

Inilah beberapa tips agar bisa mendapatkan beasiswa yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *